Rabu, 14 Desember 2011

Apa itu Sprite?

                Halo fellows, kami sekedar member tau bagi yang masih asing atau belum dengar kata ‘Sprite’. Ini sangat familiar di kalangan programmer game. Bila fellows sekalian punya software ‘Game Maker’, ‘RPG Maker’, atau sejenisnya pasti membutuhkan object ini. Apa sih Sprite itu? Kami akan menjelaskannya.
                Sprite dalam dunia computer graphic adalah gambar atau animasi 2D yang terintegrasikan ke dalam layar yang lebih lebar. Masih bingung? Oke, kita lanjutkan. Biasanya ini dipakai untuk melengkapi bitmaps dan mereka merupakan bagian dari normal bitmap di layar/screen, seperti membuat animasi yang bisa digerakkan di layar (bila dalam game biasanya merupakan character. Chracter berasal dari beberapa sprite.). Sprite bisa dibuat di software tertentu, contoh : Microsoft Paint, Photoshop, Game Maker, dll. Ini juga banyak di sediakan di internet. Bila kalian membutuhkan character, misal dari permainan A, kalian tinggal mencari di google “A Sprite” dan ribuan artikel pasti muncul. Yang saya pakai sebagai FAVICON di atas juga merupakan sprite buatan sendiri ^^ ..
                Bila kalian ingin tau lebih lanjut, baca di beberapa tutorial pembuat game yang support sprite. Yang paling popular ya Game Maker dan RPG Maker karena keduanya sangat mudah digunakan. Berikut ini preview sprite :


Sekian info kali ini, Salam ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar